Syarat dan Ketentuan

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

Syarat dan ketentuan yang ditetapkan di bawah ini secara umum mengatur tentang layanan jasa investasi di PT. Furabit Investasi Indonesia (“Furabit”). Calon investor dan/atau investor disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban calon investor dan/atau investor secara hukum.

Dengan melakukan registrasi pada situs www.furabit.online, maka calon investor dan/atau investor dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah antara Furabit dan calon investor dan/atau investor. Jika calon investor dan/atau investor tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi syarat dan ketentuan, maka calon investor dan/atau investor tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.furabit.online.

I.                    DEFINISI

1.   PT. Furabit Investasi Indonesia adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha pada jasa perdagangan digital asset berbasis website yang tunduk pada peraturan dan perundang-undangan negara Republik Indonesia.
2. Website adalah sekumpulan halaman pada alamat www.furabit.online yang dimiliki dan dikelola oleh PT. Furabit Investasi Indonesia.

3.  Digital Asset adalah komoditas digital yang menggunakan prinsip teknologi desentralisasi berbasiskan jaringan peer-to-peer (antar muka) atau disebut dengan jaringan Blockchain, antara lain: Bitcoin, Etherium, dan alternatif digital asset lainnya.

4.   Investasi adalah sejumlah dana yang ditransfer oleh investor kepada Furabit untuk disimpan (deposito) dalam jangka waktu yang telah ditetapkan dan kemudian akan dikelola pada layanan yang disediakan oleh Furabit.

5.Layanan adalah jasa yang disediakan oleh Furabit untuk mengelola dana investasi para investor di perdagangan pasar digital asset yang terpercaya yaitu Bittrex dan Poloniex.

6.Investor adalah perorangan atau badan usaha yang telah terverifikasi untuk melakukan investasi perdagangan digital asset melalui Furabit.

7.Registrasi adalah pendaftaran yang dilakukan oleh calon investor pada website dengan mengisi formulir tentang identitas diri serta memuat keterangan, pernyataan dan persetujuan dengan sebenar-benarnya.
8.Verifikasi adalah persetujuan yang diberikan oleh Furabit untuk menerima dan mengelola dana calon investor dan/atau investor pada perdagangan digital asset dengan terlebih dahulu calon investor dan/atau investor memberikan data-data pribadi serta memberikan pernyataan dan persetujuan terkait syarat dan ketentuan investasi yang berlaku terhadap calon investor dan/atau investor.

9.Akun Pribadi adalah akses yang diberikan kepada masing-masing investor untuk mendapatkan informasi dan untuk melakukan kegiatan investasi melalui website Furabit.
10.Rekening Bank adalah rekening bank milik investor yang diregistrasi melalui website Furabit dengan terdapat kesamaan pada nama pemegang rekening dan nama akun pribadi investor.
11.Informasi Rahasia adalah setiap informasi dan/atau data yang diberikan oleh Furabit kepada calon investor dan/atau investor yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari syarat dan ketentuan baik yang diberikan atau disampaikan secara lisan, tertulis, grafik atau yang disampaikan melalui media elektronik atau informasi dan/atau data dalam bentuk lainnya selama berlangsungnya investasi.

12.Syarat dan Ketentuan Investasi adalah peraturan yang mengikat secara hukum untuk disetujui oleh calon investor dan/atau investor terlebih dahulu, dimana syarat dan ketentuan tersebut mengatur hubungan antara Furabit dan investor.

II.                 PENGGUNAAN LAYANAN DAN/ATAU AKSES SECARA UMUM

Calon investor dan/atau investor dengan ini menyatakan bahwa calon investor dan/atau investor adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum. Calon investor dan/atau investor setuju tidak akan menggunakan jasa yang disediakan oleh Furabit untuk melakukan tindakan kriminal dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pencucian uang, perjudian, pembelian barang ilegal, kegiatan terorisme atau kegiatan hacking. Setiap calon investor dan/atau investor yang melanggar ketentuan tersebut dapat diberhentikan dan bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami oleh Furabit. Furabit berhak menutup akun pribadi dan membekukan dana dan transaksi di dalamnya apabila menemukan aktifitas yang mencurigakan di dalam akun pribadi tersebut hingga waktu yang tidak ditentukan.

1.       Data Pribadi Calon Investor dan/atau Investor

Dalam proses registrasi, calon investor dan/atau investor wajib untuk mengisi setiap data berupa:
a.     Nama (sesuai dengan identitas diri yang dilampirkan);

b.     Alamat rumah sesuai identitas;

c.     Alamat tinggal saat ini;

d.     Nomor telepon atau telepon seluler (harus aktif dan digunakan pribadi);

e.     Tempat dan tanggal lahir (sesuai identitas diri yang dilampirkan);

f.      Kewarganegaraan;

g.     Jenis kelamin;

h.     Kartu identitas yang masih berlaku (KTP elektronik);

i.       Pekerjaan;

j.       Email pribadi;

k.     Nomor rekening bank atas nama pribadi;

2.         Registrasi dan Verifikasi

Calon investor dengan ini setuju bahwa proses untuk menjadi investor Furabit hanya akan berlaku efektif setelah seluruh persyaratan dari Furabit telah dipenuhi oleh calon investor dan proses registrasi telah melalui proses verifikasi untuk disetujui Furabit. Segala risiko yang timbul sehubungan dengan penutupan/pemblokiran akun pribadi yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian calon investor dan/atau investor, akan menjadi tanggung jawab calon investor dan/atau investor, dan Furabit tidak akan memberi ganti rugi kepada calon investor dan/atau investor atau pihak manapun dalam bentuk apapun atas segala tuntutan/klaim dan ganti rugi dari calon investor atau investor atau pihak manapun sehubungan dengan penutupan akun tersebut.

3.         Akun Pribadi, Kata Sandi dan Keamanan

a.   Akun pribadi dan kata sandi merupakan kode yang bersifat rahasia dan kewenangan penggunaannya ada pada masing-masing calon investor dan/atau investor.
b.  Calon investor dan/atau investor wajib mengamankan akun pribadi dan kata sandi dengan cara:

  Tidak mencatatkan akun pribadi dan kata sandi pada kertas atau menyimpannya secara tertulis atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan diketahui orang lain.

    Mengganti kata sandi secara berkala.

c.  Dalam hal calon investor dan/atau investor tidak dapat menggunakan akun pribadi karena alasan tidak mengingat kata sandinya, maka calon investor dan/atau investor dapat melakukan prosedur recovery kata sandi dengan cara memilih menu yang disediakan dan kemudian Furabit akan mengirimkan email yang berisi cara pembuatan kata sandi yang baru.

d.   Dalam hal calon investor dan/atau investor mengetahui atau menduga akun pribadi dan/atau kata sandinya telah diketahui oleh orang lain yang tidak berwenang, maka calon investor dan/atau investor wajib segera melakukan pengamanan dengan melakukan perubahan kata sandi. Apabila karena suatu sebab calon investor dan/atau investor tidak dapat melakukan perubahan kata sandi atau akses login ke dalam akun pribadi karena telah dikuasai orang lain maka calon investor dan/atau investor wajib memberitahukan kepada Furabit dan meminta penghentian layanan akses website.

III.               KEAKURATAN DATA PRIBADI

1.   Calon investor dan/atau investor setuju dengan melakukan registrasi dan menggunakan layanan pada website ini, calon investor dan/atau investor menjamin keaslian dan keakuratan data-data yang calon investor dan/atau investor berikan. Data-data yang calon investor dan/atau investor berikan adalah data yang benar, akurat, lengkap, terbaru dan tidak menyesatkan.

2.  Dalam hal calon investor dan/atau investor bertindak untuk organisasi, asosiasi atau perusahaan, calon investor dan/atau investor bertanggung jawab penuh atas setiap penggunaan layanan dalam website ini.
3.    Apabila Furabit menemukan, baik langsung maupun di kemudian hari, bahwa data-data yang calon investor dan/atau investor berikan tidak benar, diduga palsu dan/atau tidak akurat, maka Furabit berhak untuk memblokir/menutup akses calon investor dan/atau investor ke website. Segala risiko yang timbul sehubungan dengan penutupan/pemblokiran akun pribadi yang diakibatkan oleh ketidakuratan data yang calon investor dan/atau investor berikan, akan menjadi tanggung jawab calon investor dan/atau investor dan Furabit tidak akan memberi ganti rugi kepada calon investor dan/atau investor atau pihak manapun dalam bentuk apapun atas segala tuntutan/klaim dan ganti rugi dari calon investor dan/atau investor atau pihak manapun sehubungan dengan penutupan akun pribadi tersebut.

IV.         HAK DAN KEWAJIBAN

Furabit wajib untuk:

1.      Memberikan informasi sebenar-benarnya mengenai produk investasi, syarat dan ketentuan investasi dan perubahan-perubahan yang dilakukan;

2.      Mengelola dana investasi dengan tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
3.         Memberikan laporan keuntungan investasi setiap 10 hari sekali.

4.         Mengembalikan modal investasi dari investor setelah berakhirnya jangka waktu investasi;
5.         Menjamin kerahasiaan data calon investor dan/atau investor

Furabit berhak untuk:

1.   Menolak calon investor dan/atau investor yang dianggap tidak memenuhi persyaratan;

2.   Melakukan verifikasi terhadap data pribadi calon investor;

3.   Menunda atau menangguhkan transaksi yang diketahui atau diduga bahwa kegiatan penipuan dan/atau kejahatan telah dan/atau dilakukan;

4. Melakukan pemantauan atas akun pribadi calon investor dan/atau investor dalam rangka pencegahan tindakan kejahatan keuangan;
5. Melaporkan setiap kegiatan yang dicurigai sebagai pelanggaran peraturan dan perundang-undangan yang berlaku kepada pihak berwajib;

6. Melakukan perubahan dalam syarat dan ketentuan dalam rangka menyesuaikan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Calon investor dan/atau investor wajib untuk:

1.   Memberikan keterangan dan mengisi data diri dengan sebenar-benarnya pada saat registrasi;

2.    Tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku;

3.  Menjaga kerahasiaan akun pribadi, kata sandi, dan informasi rahasia dari pihak lain yang tidak berwenang dan tidak bertanggung jawab.

Calon investor dan/atau investor berhak untuk:

1.    Mendapatkan keterangan dan informasi mengenai produk investasi, syarat dan ketentuan investasi dan perubahan-perubahan syarat dan ketentuan;
2.       Mendapatkan laporan keuntungan investasi dari Furabit setiap 10 hari sekali.

3.       Menarik dana investasi dan keuntungan sesuai dengan syarat dan ketentuan investasi.

V.                 TANGGUNG JAWAB

1.  Segala konsekuensi yang timbul sebagai akibat penyalahgunaan layanan merupakan tanggung jawab calon investor dan/atau investor sepenuhnya dan calon investor dan/atau investor dengan ini membebaskan Furabit dari segala tuntutan yang mungkin timbul karena adanya penyalahgunaan dan kebocoran akun pribadi serta kata sandi dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun.



2. Setiap materi unduhan atau lainnya yang diperoleh melalui penggunaan layanan ini merupakan tanggung jawab dan risiko calon investor dan/atau investor secara pribadi. Calon investor dan/atau investor secara sukarela menanggung risiko tersebut dan akan sepenuhnya bertanggung jawab atas kerusakan pada sistem komputer atau hilangnya data yang terjadi akibat mengunduh materi yang disediakan.

VI.         LARANGAN

Calon investor dan/atau investor dilarang untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

1.         Berinvestasi menggunakan dana yang didapatkan secara melawan hukum;

2.         Menggunakan hasil investasi untuk tujuan yang melawan hukum;

3.         Mengalihkan atau memindahkan akun pribadi kepada pihak lain manapun;

4.    Berusaha untuk memperoleh akses yang bukan kewenangannya atau dengan kata lain mengganggu atau mengacaukan sistem komputer atau jaringan internet yang terhubung pada website;

5.   Menggunakan atau mengunggah, dalam cara apapun, setiap program atau materi yang memuat, atau yang seharusnya dicurigai telah memuat virus, komponen yang merusak, kode berbahaya atau komponen berbahaya yang dapat menghalangi atau menghilangkan data atau merusak atau menimbulkan gangguan atas operasional komputer;

6.     Menciptakan dan/atau menggunakan perangkat software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem;
7.  Memperbanyak dan/atau membuat, memberikan, menyewakan, menjual, memindahkan, mengalihkan, dan atau mengalihfungsikan layanan Furabit baik sebagian atau seluruhnya kepada pihak lain dengan alasan apapun, termasuk namun tidak terbatas pada penyalahgunaan layanan Furabit untuk melakukan transaksi selain dari yang telah ditentukan dalam syarat dan ketentuan dengan maksud apapun, termasuk namun tidak terbatas untuk kejahatan dan/atau penipuan.

VII.        RISIKO

1.     Investasi digital asset merupakan sebuah aktifitas yang berisiko tinggi dimana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Sehubungan dengan fluktuasi harga, nilai aset dapat bertambah maupun berkurang secara signifikan sewaktu-waktu.

2.    Furabit tidak menjamin kelangsungan dari digital asset yang menjadi obyek investasi Furabit.

3.  Calon investor dan/atau investor dihimbau untuk berhati-hati dalam mengukur situasi finansial dan memastikan bahwa calon investor dan/atau investor bersedia menghadapi risiko yang ada dalam investasi digital asset. Calon investor dan/atau investor disarankan dengan sangat untuk melakukan riset pribadi sebelum membuat keputusan untuk berinvestasi digital asset. Semua keputusan investasi digital asset yang dikelola oleh Furabit merupakan keputusan pribadi calon investor dan/atau investor secara sadar tanpa paksaan.



VIII.      PERNYATAAN DAN JAMINAN

1.   Calon investor dan/atau investor menyatakan dan menjamin untuk membebaskan Furabit, pemegang saham, direksi, komisaris, dan karyawan dari segala bentuk tanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi dan/atau kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan layanan yang diakibatkan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh segala gangguan, penghapusan, kesalahan, penundaan pengoperasian atau transmisi, virus komputer, kerusakan jaringan komunikasi, pencurian atau perusakan, memperoleh secara tidak sah, perubahan atau penggunaan informasi;

2.     Furabit tidak memberikan jaminan atau garansi dalam semua layanan dalam website seperti:

a.  Bahwa website akan disediakan tanpa ada gangguan, aman atau bebas dari kesalahan atau kealpaan;

b. Bebas dari virus komputer apapun atau hal lainnya yang berbahaya, yang dapat menghancurkan dan menghilangkan kode dan/atau program;

c. Kelancaran transmisi melalui internet dan surat elektronik, hilangnya transmisi, penundaan transmisi karena adanya kepadatan internet atau data informasi yang salah karena sifat umum dari internet.

3.  Furabit tidak memberikan jaminan mengenai suatu hasil investasi yang dapat diperoleh melalui penggunaan layanan ini. Segala keputusan yang diambil oleh calon investor dan/atau investor dalam menggunakan layanan dalam website sepenuhnya adalah keputusan calon investor dan/atau investor.

4.   Furabit tidak bertanggung jawab atas segala risiko perubahan nilai secara drastis pada digital asset atau hilangnya nilai ekonomis dari digital asset yang diluar kemampuan dari Furabit.

IX.       GANTI RUGI

Kecuali terbukti bahwa kerugian yang timbul merupakan kelalaian atau kesalahan nyata dari Furabit, calon investor dan/atau investor dengan ini setuju untuk melepaskan dan membebaskan Furabit, pemegang saham, direksi, komisaris, dan karyawan dari dan atas segala bentuk tuntutan, gugatan, klaim ganti rugi, termasuk biaya konsultan hukum.

X.               SYARAT DAN KETENTUAN INVESTASI

Calon investor dan/atau investor yang akan melakukan investasi melalui Furabit wajib untuk memberikan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan investasi yang dilakukan dengan cara memilih menu yang telah disediakan.

XI.       KEBIJAKAN PRIVASI

Furabit sangat menghargai informasi dan data pribadi calon investor dan/atau investor. Furabit akan berusaha keras untuk mematuhi dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan mengenai perlindungan data pribadi yang berlaku. Ketentuan mengenai kebijakan privasi dijelaskan lebih lanjut dalam halaman tersendiri.

XII.        PENGAKHIRAN

Calon Investor dan/atau Investor setuju bahwa dalam hal terdapat pelanggaran yang calon investor dan/atau investor lakukan atas ketentuan dalam syarat dan ketentuan umum, syarat dan ketentuan investasi atau terhadap hukum yang berlaku, maka Furabit dapat secara sepihak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu menghapus akun pribadi calon investor dan/atau investor, membatasi akses dan mengakhiri layanan kepada calon investor dan/atau investor. Calon investor dan/atau investor setuju bahwa segala kerugian baik materiil ataupun imaterial yang timbul dari penghapusan akun pribadi dan/atau pembatasan akses sebagaimana dimaksud di atas sepenuhnya merupakan tanggung jawab calon investor dan/atau investor.

XIII.      KRITIK, SARAN DAN KELUHAN

Segala macam kritik, saran dan keluhan yang disampaikan kepada Furabit harus melalui email yang ditujukan pada alamat support@furabit.online dengan mencantumkan “Saran” sebagai judul email yang dikirim.

XIV.      HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

1.    Website ini berisi kekayaan intelektual Furabit, termasuk namun tidak terbatas pada teks, perangkat lunak, foto, grafik, merek, logo, ikon, hypertext markup languange (html) dan kode lainnya.
2.    Calon investor dan/atau investor hanya diperbolehkan untuk melihat, mencetak dan/atau mengunduh salinan material dari website untuk penggunaan pribadi dan non-komersil. Seluruh penggunaan komersil perlu mendapatkan izin dari Furabit. Setiap kegiatan komersil tanpa seizin Furabit diartikan sebagai pelanggaran atas hak kekayaan intelektual Furabit dan mengakibatkan penutupan akun pribadi pada calon investor dan/atau investor.

XV.       INFORMASI RAHASIA

Selama berinvestasi dan hingga berakhirnya investasi, maka calon investor dan/atau investor menyetujui:

1.    Setiap saat akan merahasiakan informasi rahasia yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari investasi kepada siapapun atau tidak akan menggunakan untuk kepentingan calon investor dan/atau investor atau kepentingan pihak lainnya, tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan tertulis dari Furabit atau pihak yang berwenang lainnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

2.   Apabila calon investor dan/atau investor melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam angka (1) ketentutan mengenai informasi rahasia ini, maka segala kerugian, tuntutan dan atau gugatan yang dialami Furabit merupakan tanggung jawab calon investor dan/atau investor sepenuhnya, dan atas permintaan dari Furabit, calon investor dan/atau investor berkewajiban untuk menyelesaikannya sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku dan memberikan ganti rugi yang timbul akibat pelanggaran tersebut.

3.  Kewajiban untuk menyimpan informasi rahasia sebagaimana dimaksud dalam angka (1) mengenai kerahasiaan menjadi tidak berlaku, apabila:

a.         Informasi rahasia tersebut menjadi tersedia untuk masyarakat umum;

b.   Informasi rahasia tersebut diperintahkan untuk dibuka untuk memenuhi perintah pengadilan atau badan pemerintahan lain yang berwenang;

c.         Informasi rahasia tersebut diberikan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

4.     Calon investor dan/atau investor selanjutnya menyetujui untuk melakukan segenap upaya dan mengambil setiap tindakan yang diperlukan untuk menghindari pihak ketiga memperoleh akses terhadap pengungkapan atas informasi rahasia.



5.   Dalam hal investasi telah berakhir, investor setuju bahwa kewajiban untuk merahasiakan dokumen dan materi yang merupakan informasi rahasia sebagaimana diatur dalam ketentuan ini akan tetap berlaku.

XVI.      FORCE MAJEURE

Calon investor dan/atau investor akan membebaskan Furabit dari segala tuntutan apapun, dalam hal Furabit tidak dapat menjalankan kewajibannya baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kemampuan atau kekuasaan Furabit termasuk namun tidak terbatas pada:

1.         Segala gangguan virus komputer atau sistem Trojan Horses atau komponen membahayakan yang dapat mengganggu website Furabit, Web Browser, dan Internet Service Provider;
2.         Bencana alam;

3.         Perang;

4.         Huru-hara;

5.         Sistem atau transmisi yang tidak berfungsi;

6.         Gangguan telekomunikasi;

7.         Kebijakan Pemerintah;

8.       Kerugian yang ditimbulkan akibat dari perubahan nilai secara drastis pada digital asset atau hilangnya nilai ekonomis dari digital asset;

9.         Serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kemampuan Furabit.

XVII.     HUKUM YANG BERLAKU

Syarat dan Ketentuan ini diatur dan harus ditafsirkan serta dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

XVIII. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Setiap perselisihan, sengketa atau perbedaan pendapat (selanjutnya disebut sebagai “Perselisihan”) yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan kerjasama akan diselesaikan dengan cara sebagai berikut:

1.  Bahwa setiap perselisihan, sepanjang memungkinkan, akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat.

2.    Dalam hal musyawarah untuk mufakat tidak dapat menyelesaikan perselisihan, maka Furabit dengan calon investor dan/atau investor sepakat akan menyelesaikan perselisihan dengan memilih domisili hukum yang tetap di kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri yang akan di sepakati selanjutnya.

XIX.       LAIN-LAIN

1.     Calon investor dan/atau investor dengan ini tunduk dan menyatakan syarat dan ketentuan umum ini merupakan bagian dan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan syarat dan ketentuan investasi dan kebijakan privasi. Apabila terdapat perbedaan diantaranya maka yang berlaku adalah ketentuan yang khusus mengatur mengenai hal tersebut.

2.    Untuk hal-hal yang belum diatur dalam syarat dan ketentuan, maka akan berlaku seluruh ketentuan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata serta ketentuan-ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang terkait.

Komentar

Postingan Populer